Sunday 31 May 2015

Resep Mudah Buat Sendiri di Rumah : 'Play Dough' Bukan Plastisin

Siapa gak kenal 'Play Doh'?
Mainan kreatif buatan Amerika ini sudah sangat terkenal dan diminati bukan hanya oleh kalangan anak-anak, tapi juga dewasa. Coba saja browse dengan kata kunci Play Doh, pasti ada puluhan juta hasilnya. Bukan hanya artikel, tapi juga gambar dan video tutorial. Kalau sudah begini bisa dipastikan muncul beragam merek yang kemudian mengekor kesuksesan salah satu produk mainan terfavorit ini. Termasuk diantaranya, buatan negeri sendiri dengan merek 'Fun Doh'; yang mudah didapat dan tentunya lebih ekonomis.
Tapi, untuk anak-anak (yang punya anak-anak pasti paham), sebanyak apa pun kita belikan mereka 'play dough' ini, pasti masih tetap berasa kurang. Entah warnanya jadi saling campur sampai menghitam, lupa disimpan kembali hingga adonan kering, sampai tingginya kreativitas anak yang menyebabkan 'play dough' ini pada akhirnya menjadi salah satu mainan consumable. Gak dibeliin, nanti dibilang menghambat kreativitas, kalo dibeliin terus, dompet bunda dong yang jadi banyak hambatan?! (Yes, i've been there).
Kalau sudah begini, membuat sendiri 'play dough' adalah pilihan bijak, Moms. Selain lebih hemat, juga dapat membiasakan anak-anak untuk membuat sendiri benda-benda yang mereka butuhkan. Tingkatkan kreatifitas dengan membiasakan diri dan anak-anak kita bertanya 'bagaimana cara membuatnya?' dibandingkan dengan 'di mana membelinya?'. Yuk, biasakan hidup produktif, bukannya konsumtif ^^

resep play doh, plastisin, www.pojokreasitanpabatas.blogspot.com
Homemade 'play dough'
Then, ini dia, resep 'play dough' mudah untuk dibuat di rumah (bukan adonan plastisin ya; yang satu itu agak kurang praktis).
Selamat mencoba!

Bahan :
500 gr tepung terigu serba guna
1 sdm tepung terigu (untuk taburan meja)
200 gr garam dapur
6 sdt air jeruk nipis
4 sdm minyak sayur (boleh diganti dengan minyak goreng)
450 ml air panas
3 jenis pewarna makanan cair; biru, kuning, merah

Cara Buat :
1. Campur tepung terigu dan garam dalam wadah, aduk rata
2. Tambahkan air perasan jeruk nipis dan minyak sayur, aduk rata
3. Tambahkan air panas sedikit demi sedikit, aduk rata dengan spatula hingga adonan tidak menggumpal
4. Keluarkan adonan dari wadah, letakkan di atas meja yang sudah ditaburi tepung terigu. Gilas adonan, uleni hingga kenyal dan tidak lengket (tambahkan tepung bila adonan masih lengket, lakukan hingga adonan kalis dan mudah dibentuk)
5. Gulung adonan menjadi bentuk tabung, bagi menjadi 6 bagian sama besar.
6. Ambil satu bagian, tekan bagian tengahnya hingga membentuk ceruk, teteskan pewarna sesuai panduan pencampuran warna atau sesuai keinginan, uleni sekali lagi hingga warna tercampur rata.
7. 'Play dough' siap digunakan.

Panduan Pencampuran Warna :
1. Warna Biru, Kuning, dan Merah : campurkan 10 tetes pewarna makanan pada satu bagian adonan yang sudah kalis.
2. Warna Pink : campurkan 5 tetes pewarna merah, pada satu bagian adonan.
3. Warna Orange : campurkan 4 tetes pewarna merah + 6 tetes pewarna kuning, pada satu bagian adonan.
4. Warna Hijau : campurkan 4 tetes pewarna biru + 6 tetes pewarna kuning, pada satu bagian adonan.
5. Warna Ungu : campurkan 3 tetes pewarna merah + 7 tetes pewarna biru, pada satu bagian adonan.
6. Untuk menghasilkan warna yang gelap, teteskan lebih banyak campuran warna pada adonan. Sebaliknya, teteskan lebih sedikit pewarna untuk menghasikan warna-warna pastel.

Tips: Simpan 'play dough' dalam wadah tertutup rapat agar lebih awet dan terhindar dari jamur.


[Resep ini adalah murni hasil kreasi Dina Yulistiana. Apabila ingin meng-copy atau men-share konten ini, harap menyertakan sumber referensi. Yuk, Budayakan menulis dengan etika dan bukan mencontek semata! ^^]


No comments:

Post a Comment