Tuesday 27 January 2015

Homemade Jelly Drink

    Saya suka sekali yang namanya jenis-jenis kudapan kenyal berserat; agar-agar, konyaku, puding, minuman jelly, sampai cincau. Setiap ada varian baru yang dijual di minimarket, saya pasti langsung tertarik untuk mencicipinya. Bahkan, sering kali, untuk jenis favorit, saya bukan cuma membeli satu atau dua kemasan, melainkan satu pak sekaligus. Kedengarannya agak lebay ya? But I think that's fine, since everyone has their own fave, don't they?!
    Well, karena dasar itulah, ditambah persediaan per-jelly-an saya yang sering kali ludes dalam waktu singkat, saya mencoba untuk meramu Jelly Drink Buatan Sendiri. Jadi, saya bisa memenuhi seluruh kulkas saya dengan minuman jelly berbagai rasa (for real!) dan menikmatinya kapan pun saya ingin (yeiiy...! ^^) plus tentunya lebih sehat.
    Anyway, here is the simple recipe of My Cool yet Refreshing Homemade Jelly Drink.

HOMEMADE JELLY DRINK
(Untuk 8 porsi dalam kemasan @350ml)

Bahan:
1. 1 pak bubuk jelly/konyaku siap pakai (di resep ini saya menggunakan produk Nutrijell rasa anggur)
2. 2100 ml air (atau encerkan tiga kali dari petunjuk penggunaan di kemasan bubuk jelly)
3. 400 gr gula pasir
4. 1/2 sdt bubuk citrun (tambahkan menjadi 1 sdt bila produk yang digunakan tidak menyertakan bubuk pengatur keasaman)
5. 60 ml sirup lemon
6. 90 ml konsentrat Jeruk Mandarin (saya menggunakan produk Sunquick)
7. 1300 ml air es matang

Cara Buat:
1. Campur bubuk jelly dengan gula pasir.
2. Jerang air di atas kompor, masukkan campuran bubuk jelly sebelum air mulai panas, aduk perlahan hingga larut dan air mendidih.
3. Matikan kompor, diamkan jelly selama 5 menit/hingga uap air hilang.
4. Larutkan bubuk citrun, aduk rata.
5. Siapkan beberapa kemasan dengan tutup (lid container) yang tahan suhu panas dan dingin, isi masing-masing kemasan setengah penuh dengan larutan jelly. Diamkan hingga kenyal dan dingin.
6. Campur sirup lemon dan konsentrat jeruk dengan air es, tuang ke atas jelly sampai kemasan hampir penuh.
7. Simpan jelly drink dalam kulkas, sajikan dingin dengan sedotan.

*) Rasa Homemade Jelly Drink ini bisa juga disesuaikan dengan selera kamu lho! Misalnya, kamu cukup mengganti bubuk jelly rasa anggur dengan mangga dan memadukan konsentrat jeruk dengan sirup frambozen untuk sensasi 'tropical punch'. Selain itu, masih banyak lagi kombinasi rasa unik dan segar dari minuman kenyal yang satu ini. Jadi, asah ide dan kreasikan sendiri Jelly Drink kamu ya!

Nah, gampang banget kan buatnya? Selamat mencoba ya!
 N' always be happy cooking (^^)


[Resep ini adalah murni hasil kreasi Dina Yulistiana. Apabila ingin meng-copy atau men-share konten ini, harap menyertakan sumber referensi. Yuk, Budayakan menulis dengan etika dan bukan mencontek semata! ^^].


No comments:

Post a Comment